Komitmen APP Itu Tidak Bisa Menghapus Dosa APP Sebelumnya

forumhijau.com – Jika benar negara indonesia ini adalah negara hukum, maka setiap dosa dan perbuatan yang merugikan negara serta masyarakat indonesia harus dipertanggung jawabkan dihadapan hukum, sebelum diumumkannya komitmen APP (Sinar mas Group) kepada publik, APP memiliki latar belakang yang buruk dalam persoalan lingkungan dan konflik sumber daya alam di indonesia, semua dosa yang dilakukannya harus dipertanggung jawabkan dihadapan hukum, dengan keluarnya komitmen dari APP secara tertulis ini bukan lantas menghapus semua dosa masa lalu APP.

Sedikit angin segar pada penegakan hukum di indonesia yang sudah lama ditunggu oleh masyarakat Riau, ketika gubernur Riau Rusli Zainal Ditetapkannya sebagai tersangka dalam kasus korupsi kehutanan terkait izin-izin yang diberikannya kepada perusahaan HTI ( APP dan APRIL Group) dimana 14 perusahaan HTI yang mendapatkan izin tersebut juga ikut diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), besar harapan masyarakat Riau untuk KPK dalam menegakkan hukum tidak hanya berhenti sampai pada level Gubernur saja.

Berikut komitmen APP secara tertulis,
Tanggal 5 februari 2013 Asia Pulp And Paper (APP) melalui divisi kehutanan dari Sinar Mas Group menyatakan 5 Butir komitment nya kepada publik, adapun Pokok-Pokok Komitmen tersebut:

1. Penangguhan kegiatan pembukaan hutan alam berlaku untuk seluruh pemasok yang berlaku sejak tanggal 1 februari 2013 yang meliputi HCVF (High Conservation Value Forest/Hutan Bernilai Konservasi Tinggi) dan HCS (High Carbin Stock/Stok Karbon Tinggi).

2. Perlindungan Terhadap seluruh hutan, termasuk yang berada pada lahan gambut.

3. Penerapan penilaian “Stok Karbon Tinggi” (HCS).

4. Mengadopsi praktik terbaik internasional mengenai hak masyarakat adat dan komunitas lokal (Free, Prior and Informed Consent (FPIC).

5. Pemantauan independen oleh LSM.

Di umumkannya komitmen ini tidak membuat kita berhenti dalam memerangi pelaku kejahatan kehutanan dan lingkungan hidup di indonesia, akan selalu beraksi untuk mengubah sikap dan perilaku serta memonitor dan memastikan komitmen APP ini dapat berjalan dengan baik.

INI ADALAH TUGAS KITA BERSAMA SEBAGAI MASYARAKAT INDONESIA, MELAKUKAN PENGAWASAN DAN KONTROL SOSIAL.

©[Jikalahari – FHI]