26 PERUSAHAAN TAMBANG DAN KEBUN TERSANGKUT PIDANA DAN RUGIKAN NEGARA

forumhijau.com – Indikasi tindak pidana dilakukan 26 perusahaan tambang dan perkebunan. Hal ini terendus oleh Badan Pemeriksa Keuangan a (BPK), yang kemudian melaporkannya ke Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri, Selasa (26/2).

Wakil Ketua IV BPK Ali Masykur Musa mendatangi langsung Bareskrim, untuk kemudian ditindaklanjuti oleh pihak berwenang. Menurut Ali, dari 26 perusahaan yang dilaporkan BPK, terdapat juga Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ali tidak menyebut secara rinci, ia hanya berucap BUMN tersebut berinisial AT? Apakah yang dimaksud PT Aneka Tambang Tbk (ANTM)? Ali belum mau bicara.

“Kami menyerahkan dokumen 26 perusahaan yang berindikasi pidana dan merugikan negara. Perusahaan di bidang tambang, perkebunan sawit, kehutanan juga ada korupsinya, BUMN dan swasta juga ada,” jelas Ali Masykur, seperti yang FHI kutip dari antara.

“Pada periode 2011, dari hasil pemeriksaan ini menemukan 29 temuan yang melibatkan 26 perusahaan dengan angka potensi kerugian negara sebesar Rp 90,6 miliar dan dan US$ 38.000,” tegasnya.

©[FHI/Antara]