Apa yang dimaksud dengan teknologi hijau ?

forumhijau.com-Teknologi hijau disebut apabila didalam penggunaanya secara teknik menggunakan atau didukung oleh sistem teknologi ramah lingkungan, rendah karbon, hemat energi, menggunakan energi sumber terbarukan seperti tenaga air, tenaga matahari, atau paling tidak salah satu diantaranya.

Istilah ” teknologi ” mengacu pada penerapan pengetahuan untuk tujuan praktis .

” Teknologi Hijau ” mencakup bagian dari perkembangan metode dan bahan, dari teknik untuk menghasilkan energi untuk produk pembersih tidak beracun .

Harapan ini adalah bahwa teknologi ini akan membawa inovasi dan perubahan dalam kehidupan sehari-hari besarnya mirip halnya dengan ” teknologi informasi ” dimana ledakan selama dua dekade terakhir.

Tujuan dari teknologi hijau ini meliputi:

Keberlanjutan (Sustainability) – memenuhi kebutuhan masyarakat dengan cara yang dapat dilanjutkan tanpa batas ke masa depan tanpa merusak atau menghabiskan sumber daya alam . Singkatnya , memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri .

Ketergunaan (Recycle) Desain prodak multiguna, dengan menciptakan produk yang dapat sepenuhnya direklamasi atau digunakan kembali .

Sumber pengurangan (Source Reduction) – mengurangi limbah dan polusi dengan mengubah pola produksi dan konsumsi .

Inovasi (Innovation) – mengembangkan teknologi alternatif – apakah bahan bakar fosil dan pertanian kimia intensif – yang telah menunjukkan kerusakan kesehatan dan lingkungan .

Viabilitas (Viability)- menciptakan pusat kegiatan ekonomi di sekitar teknologi dan produk yang menguntungkan lingkungan , mempercepat pelaksanaannya dan menciptakan karier baru yang benar-benar melindungi planet ini .

Contoh bidang studi teknologi hijau

Energi(Energy)
Mungkin masalah yang paling mendesak untuk teknologi hijau, ini termasuk pengembangan bahan bakar alternatif , cara baru untuk menghasilkan energi dan efisiensi energi .

Gedung Hijau (Green Building)
Gedung Hijau meliputi segala sesuatu dimulai dari pemilihan dan penggunaan bahan bangunan dan lokasi bangunan.

Pembelian lingkungan disukai (Environmentally preferred purchasing)
Inovasi ini melibatkan pemerintah mencari produk yang isi dan metode produksinya memiliki dampak sekecil mungkin terhadap perusakan lingkungan , dan menginstruksikan bahwa pembelian pemerintah lebih menyukai produk ramah lingkungan

Hijau Kimia (Green Chemistry)
Penemuan, desain dan aplikasi produk kimia dan proses untuk mengurangi atau menghilangkan penggunaan dan generasi zat berbahaya.

Hijau Nanoteknologi (Green Nanotechnology)
Nanoteknologi melibatkan manipulasi bahan pada skala nanometer , satu miliar meter . Beberapa ilmuwan percaya bahwa penguasaan subjek ini datang yang akan mengubah cara bahwa segala sesuatu di dunia ini diproduksi . “Green nanoteknologi ” adalah penerapan prinsip-prinsip rekayasa hijau untuk bidang ini kimia hijau dan . (foto/google)

[FHI]
follow us : forumhijau_ID