17 Tahun Lagi Jakarta Tenggelam ?

Forumhijau.com – Pemanasan global yang berdampak pada peningkatan permukaan laut akan berdampak buruk pada Indonesia. Dewan Nasional Perubahan #Iklim (DNPI) bahkan memperkirakan sebagian wilayah Jakarta tenggelam pada 2030. “Contohnya kawasan Ancol,” kata Ketua DNPI Rahmat Witoelar. Kondisi pemanasan global itu diperparah dengan kerusakan lingkungan seperti #polusi udara dan penebangan pohon serta hilangnya kawasan terbuka hijau di Jakarta.

Rahmat mengklaim pemerintah melalui DNPI terus berupaya mengendalikan #perubahaniklim. “Indonesia meratifikasi Perjanjian United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) pada 23 Agustus 1994, sebagai negara anggota PBB Indonesia berperan aktif dalam upaya mengatasi krisis lingkungan,” katanya.

Sebelumnya, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga pernah memperkirakan kondisi ini. Kombinasi antara banjir dan kenaikan air laut akan mempercepat tenggelamnya ibu kota Jakarta. Data dari Peneliti Pusat Penelitian Limnologi LIPI M Fakhrudin mengungkapkan selama 1925-1989 Jakarta mengalami kenaikan air laut 4,3 mm per tahun.

Kondisi ini diperparah dengan banjir akibat buruknya saluran pembuangan, hilangnya tutupan lahan, dan curah hujan ekstrem. LIPI pun menyarankan adanya perbaikan waduk dan pembuatan sumur resapan.

– Terkait: #FHI_Iklim

©[ www.forumhijau.com | FHI/Antara]

Follow us: @ForumHijau_ID