Sepeda Listrik ?

Naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi saat ini, membuat sepeda lipat listrik, yang dirancang dan dimodifikasi khusus untuk wilayah kota ini, menjadi alternatif masyarakat Bali hingga wisatawan mancanegara secara umum.

Pasalnya, motor yang menggunakan tenaga listrik ini layak dimanfaatkan masyarakat dan turis untuk sarana ‪#‎transportasi‬.

Hal itu diungkapkan Staf Marketing ‪#‎Green‬ Car Golf Buggy International, Ayu Martha, Selasa (9/7) di Denpasar.
‘’Kalangan wisatawan mancanegara yang liburan di Bali juga yang meminati produk kami ini,” ungkapnya.

Katanya, sepeda lipat listrik ini kini telah menunjukkan terobosan penting. Terobosan itu berupa harga yang relatif murah, yakni mulai Rp 11 jutaan per unit, serta gampang perawatannya.

Ia mengatakan, ‪#‎sepedalipat‬ ‪#‎listrik‬ ini menggunakan baterai kering, sehingga tak ada asap dan suara bising. Dalam kondisi masih sempurna, baterai yang di-charger (diisi listrik) selama delapan jam mampu digunakan untuk menempuh jarak 50 kilometer dengan kecepatan maksimum 35 kilometer per jam.

Kemampuan daya tahan baterai paling optimum, kata dia, mencapai dua tahun, sedangkan dinamo sebagai penggerak roda dengan daya tahan optimum mencapai lima tahun.

Ayu memaparkan, motor yang dirancang tanpa bahan bakar, tanpa oli, dan tanpa mesin ini mampu memberikan keuntungan bagi penggunanya maupun masyarakat pemakai jalan raya, karena sepeda ini bebas akan bahaya ‪#‎polusi‬.

‘’Penggunaan sepeda lipat listrik ini merupakan salah satu cara mengatasi kemacetan lalu lintas di perkotaan. Gerakannya yang lincah masuk di sela-sela mobil membuat pengendaranya lebih cepat sampai tujuan di tengah kemacetan,” jelasnya.

Lanjut dia, kehadiran alat transportasi perkotaan alternatif yang hemat, ramah lingkungan, dan efektif sangat diperlukan. Karena itu, pihaknya menyediakan produk kendaraan tepat guna dalam kota berupa sepeda lipat listrik ini.

Keunggulan sepeda lipat listrik dibandingkan sepeda lipat lainnya, selain tidak menggunakan ‪#‎BBM‬ dan otomatis hemat, juga tidak menggunakan oli serta tidak memerlukan perawatan berkala.

”Sepeda lipat listrik ini sangat hemat biaya. Selain itu, aman dan ramah lingkungan karena hanya menggunakan listrik sebagai tenaga penggeraknya, ” tandasnya. *

‪#‎FHI‬
‪#‎FHM‬