Cara Mudah Menghemat Air

Forumhijau.com – Air adalah tanda kehidupan. Meskipun hampir 70 persen air menyelimuti bumi, bukan berarti sobat greener FHI bisa sembarangan menggunakannya. Sebab tidak semua air tergolong bersih dan bisa dimanfaatkan oleh manusia.

Dari laporan lembaga lingkungan hidup PBB (UNEP), dari 70% air yang ada di bumi, hanya 3% yang merupakan air tawar dan hanya 1% yang layak konsumsi.

Ayo lindungi alam ‪#‎bumi‬ dengan cara menghemat air. Simak agar sobat greener FHI menggunakan ‪#‎air‬ seperlunya saja berikut:

Mengurangi siraman
Cara pertama menghemat air adalah meminimalisir penggunaan siraman pada ‪#‎toilet‬ duduk. Tidak perlu berlebihan dalam menggunakannya. Jika bau dan kotoran sudah hilang, tidak perlu menyiram toilet lagi.

Memantau penggunaan air
Sekitar dua pertiga air yang digunakan di rumah ada di kamar mandi. Sobat greener FHI sebaiknya memantau penggunaannya dengan memasang meteran air agar bisa mengontrol diri sendiri untuk tidak terlalu boros atau mengidentifikasi adanya kebocoran.

Mematikan keran
Baik itu cuci tangan, piring, atau baju, matikan keran jika sobat greener FHI sedang menggunakan sabun. Meskipun hanya tiga detik, setidaknya sobat greener FHI sudah berusaha menghemat 50 persen kebutuhan air.

Memperbaiki kebocoran
Membiarkan keran air bocor sama dengan membuang 90 liter air setiap minggu. Jadi pastikan sobat greener FHI memperbaiki segala jenis kebocoran air yang ada di rumah.

Waktu ‪#‎mandi‬
Mandi dengan shower adalah cara mudah untuk menghemat air. Selain itu, tidak perlu berlama-lama berada di kamar mandi. Sebab semakin lama sobat greener FHI di kamar mandi, semakin banyak air yang sobat greener FHI buang. Batas maksimal berada di sana adalah sembilan menit saja.

Menggosok gigi
Selain mencuci tangan, sobat greener FHI juga sebaiknya mematikan keran ketika menggosok gigi. Sebab enam liter air akan terbuang percuma dari keran air yang menyala selama satu menit.

Keran aerator
Penggunaan aerator mampu membatasi aliran dari keran. Bahkan 70 persen rumah tangga yang memasang aerator ini mampu mengurangi penggunaan aerator sebesar 30 persen.

Itulah berbagai cara mudah menghemat air. Ingat, setelah generasi kita masih ada generasi anak-cucu yang juga membutuhkan ketersediaan air bersih!

– Terkait: ‪#‎FHI_Greentips‬

©[ www.forumhijau.com | Repost Doc FHI]

Follow us: @ForumHijau_ID