Merayakan Lebaran & Mudik Ramah Lingkungan

Forumhijau.com – Apabila ingin merayakan lebaran di pusat keramaian atau dirumah kerabat / teman dan jaraknya jauh, datangilah dengan menggunakan transportasi umum kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki. Apabila jaraknya dekat, berjalan kakilah sajalah …hal ini akan mengurangi penggunaan bahan bakar minyak dan polusi udara.

Apabila sobat greener FHI ingin mengadakan “Open house” dan ingin mengundang teman-teman. Kirimkanlah undangannya menggunakan email / mailing list, sms atau message pada jejaring social, ini akan mengurangi penggunaan kertas dan sampah.

Apabila sobat greener FHI adalah tuan rumah, sediakan menu yang berasal dari produk lokal, utamakan buah dan sayuran, usahakan untuk memasak sendiri makanannya, karena ini akan mengurangi jejak karbon dan menghemat pengeluaran uang.

Apabila berkunjung ke rumah saudara atau mudik, jangan lupa untuk mematikan lampu dan peralatan listrik lainnya yang tidak diperlukan. Nyalakan hanya beberapa lampu luar sebagai penerangan, hal ini akan mengurangi penggunaan listrik.

Apabila ingin membeli / membawa makanan untuk dikonsumsi selama lebaran / dimakan disuatu tempat, baik ringan maupun berat. Belilah / bawalah menu tradisional dan yang dibungkus dengan cara tradisional pula, hal ini akan mengurangi emisi dari jejak karbon penyediaan bahan makanan.

Bawalah air minum dari rumah selain lebih bersih, menghemat pengeluaran, juga akan mengurangi sampah plastik dari botol air minum kemasan

Bawalah kantong yang terbuat dari bahan ramah lingkungan (kertas bekas pakai, kain dan yang lainnya) sebagai tempat penyimpanan barang ataupun sampah, hal yang sangat baik dan bijak apabila kita tidak membuang / meninggalkan sampah dijalanan.

Seringkali Lebaran dan mudik dijadikan ajang promosi dari beberapa produk. Apabila anda ditawari brosur iklan atau catalog produk, tolaklah hal ini akan mengurangi sampah dan perlahan akan merubah cara orang didalam memasarkan produknya agar lebih ramah lingkungan. Atau baca, setelah mengerti dengan isinya kembalikan brosurnya. Dengan begitu tidak akan membuang-buang kertas.

©[ www.forumhijau.com | FHI]

Follow us: @ForumHijau_ID