LOMBA JURNALISTIK PERUBAHAN IKLIM

Forumhijau.com – Kita sering mendengar para petani mengalami kerugian besar karena sawah mereka mengalami kekeringan panjang. Di waktu lainnya, para petani gagal menanam karena sawahnya kebanjiran. Para petani susah sekali merencanakan kapan harus menanam padi karena iklim sekarang begitu susah diprediksi. Yang terakhir adalah banjir yang beberapa waktu lalu melanda ibukota bahkan hingga ke Bundaran Hotel Indonesia.

Simbol kawasan elit dan mewah Jakarta itu terendam banjir hingga peristiwa langka itu menjadi konsumsi empuk ‪#‎media‬ nasional dan internasional.

Kisah dan fakta di atas adalah potret nyata dari dampak perubahan iklim di ‪#‎Indonesia‬. Berdasarkan data Kementerian Negara Perencanaan dan Pembangunan Nasional, dalam satu dasawarsa terakhir 79 persen bencana yang melanda berbagai daerah di Indonesia terjadi akibat perubahan iklim. Menurut staf Ahli Menteri Negara Perencanaan dan Pembangunan Nasional Bidang Tata Ruang dan Kemaritiman, Bemby Uripto, selama periode 2000-2010 bencana akibat perubahan iklim ini telah menyebabkan sekitar 4.936 orang meninggal dan hilang serta 17,7 juta jiwa menderita dan mengungsi.

Di sisi lain, karya ‪#‎jurnalistik‬ yang baik tentang perubahan iklim dengan berbagai fakta dan dampaknya masih terbatas di media massa Indonesia. Hal ini salah satunya disebabkan oleh minimnya pemahaman terhadap isu perubahan iklim di kalangan jurnalis dan media. Untuk itulah, sebagai organisasi profesi jurnalis, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta dan Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) menyelenggarakan ICCTF Media Award 2013 atau anugrah jurnalistik perubahan iklim untuk para jurnalis di Jakarta dan daerah guna meningkatkan perhatian dan kapasitas peliputan media massa terhadap isu perubahan iklim sehingga media bisa melakukan edukasi perubahan iklim dengan baik kepada masyarakat Indonesia.

ICCTF adalah lembaga pendanaan yang didirikan pemerintah melalui Bappenas untuk mendukung semua aktifitas yang terkait dengan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim. Sejak berdiri September 2009, ICCTF telah aktif mendukung pembiayaan berbagai aktivitas terkait perubahan iklim, khususnya mendanai berbagai pilot project yang mendukung upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di Indonesia. ICCTF adalah satu-satunya mekanisme Trust Fund di bidang perubahan iklim di Indonesia.

TEMA
Pembangunan Rendah Karbon dan Ketahanan terhadap Perubahan Iklim

Subtema
1. Energi terbarukan
2. Pembangunan kota yang ramah lingkungan
3. Carbon Market
4. Inisiatif dan Inovasi untuk mengurangi efek rumah kaca

SIAPA YANG BISA MENDAFTAR?
Lomba jurnalistik ini terbuka bagi jurnalis cetak, online, televisi, dan foto baik di Jakarta maupun di daerah.

KRITERIA & PERSYARATAN
1. Karya jurnalistik yang dilombakan berupa berita/liputan mendalam (indepth reporting) dan foto bercerita yang telah dimuat di media massa.

2. Setiap peserta boleh menyertakan maksimal dua karya jurnalistik.

3. Karya yang dilombakan belum pernah memenangkan lomba jurnalistik.

4. ICCTF berhak menerbitkan karya para pemenang ICCTF Media Award 2013 dalam sebuah buku atau bentuk dokumentasi lainnya.

5. Karya foto bercerita yang masuk dalam sepuluh besar pemenang akan ditampilkan dalam pameran foto pada acara pemberian hadiah ICCTF Media Award 2013.

PERIODE PEMUATAN KARYA
Karya jurnalistik yang dapat disertakan dalam lomba, telah dimuat di media massa sepanjang September 2012 sampai 30 September 2013.

KRITERIA PENILAIAN
Setiap karya jurnalistik yang dilombakan akan diseleksi berdasarkan parameter sejauh mana karya jurnalistik yang diajukan mengupas secara mendalam isu perubahan iklim Indonesia dengan sudut pandang (angle) yang dipilih.

DEWAN JURI
Juri ICCTF Media Award 2013 adalah Riza Primadi (televisi), Harry Surjadi (media cetak & online), dan Oscar Motuloh (Foto bercerita).

PEMENANG & HADIAH LOMBA
Juri akan memilih pemenang pertama, kedua, dan ketiga, masing-masing untuk kategori karya tulis (cetak & online), karya televisi, dan karya foto. Pemenang pertama mendapatkan hadiah Rp 10.000.000, pemenang kedua Rp 6.000.000 dan pemenang ketiga Rp 4.000.000. Total hadiah sebanyak Rp 60.000.000 untuk sembilan pemenang.

PEMENANG UTAMA
Satu karya jurnalistik terbaik yang memenuhi persyaratan dewan juri sebagai Pemenang Utama akan menerima hadiah dalam bentuk keikutsertaan dalam delegasi ICCTF meliput pertemuan internasional perubahan iklim di Polandia pada bulan November 2013.

PENGIRIMAN KARYA
Karya Jurnalistik dimasukan ke dalam amplop coklat dengan mencantumkan kategori lomba di pojok kiri atas dan dikirim melalui pos atau diantar langsung ke Kantor AJI Jakarta di Jln Kalibata Timur IVG No. 10 Kalibata Jakarta Selatan atau email ajijak@cbn.net.id sebelum tanggal 7 Oktober 2013, dilengkapi dengan fotocopy kartu pers yang masih berlaku.
Untuk kategori foto bercerita, karya yang telah dimuat di media massa dikirim dalam format digital dengan ukuran 1.5-3 Mb, dilengkapi dengan foto cetak ukuran 5R. Selain itu, ada keterangan judul foto, keterangn foto, nama jelas pemilik foto, alamat, telepon/HP dan email.

Untuk kategori televisi, karya dalam format DVD disertai dengan print out naskahnya.

JADWAL LOMBA
18 April 2013 : Launching ICCTF Media Award 2013

Mei-September 2013 : Sosialisasi, monitoring dan penjaringan karya

Oktober 2013 : Penjurian dan Penganugerahan Karya Pemenang

Disclaimer
Seleksi dilakukan terhadap semua karya jurnalistik yang diikutsertakan dalam lomba jurnalistik. Juri sepenuhnya berhak menentukan para pemenang bersama perwakilan dari ICCTF. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
AJI Jakarta
Jl. Kalibata Timur IV G No. 10 Kalibata – Pancoran, Jakarta Selatan 12740
Telp./Faks. (021) 7984105
e-mail : ajijak@cbn.net
atau
Sdr. Aulia Afrianshah (Rio) 083177783089 dan
Sdr. Yus Ardhiansyah 08118071416

Dan bisa kunjungi laman perubahaniklim.co

AJI JAKARTA
Jl. Kalibata Timur IVG No. 10
Kalibata, Jakarta Selatan 12740
Telp./Faks: +62 21 7984105
Email : ajijak@cbn.net.id
ajijakarta.org

– Terkait: ‪#‎FHI_Iklim‬ ‪#‎FHI_Greenevent‬

©[ www.forumhijau.com | FHI/AJI]

Follow us: @ForumHijau_ID