3 Faktor Aman untuk Berlayar Saat Kepri Dilanda Kabut Asap

forumhijau.com – Kepala Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang, Yovan Siahaan mengimbau operator pelayaran agar memperhatikan tiga faktor aman untuk berlayar di tengah kabut asap tebal yang saat ini melanda Kepri.

“Nyalakan lampu navigasi, standby radio dan turunkan kecepatan kapal. Tiga faktor tersebut menjadi faktor tentu keselamatan untuk berlayar,” ujar Yovan kepada wartawan, Jumat (21/06/2013).

Yovan mengatakan untuk hari ini dan selanjutnya kalau kondisi masih diselimuti kabut asap dan jarak pandang terbatas, tiga faktor itu sangat menentukan untuk berlayar.

Lampu navigasi harus selalu hidup, dimana pada umumnya lampu navigasi hanya dihidupkan pada malam hari saja. Namun pada kondisi seperti ini dia menyarankan operator kapal selalu menyalakan lampu navigasi.

“Agar selalu terlihat benda apa saja yang berada di depan, begitu juga sebaliknya agar tidak terjadi hal yang tak diinginnkan ketika kapal berlayar. Nahkoda kapal harus selalu berkoordinasi kepada pihak syahbandar dan pelabuhan terdekat,” kata dia.

dia juga mengingatkan pentingnya untuk menyalakan radio saat berlayar. Apa bila nantinya terjadi hal yang tidak diinginkan. Jika nahkoda tidak menyalakan tidak menyalakan radio maupun menurunkan kecepatan kapal, maka syahbandar memberi sanksi takkan memberikan izin berlayar.

“Bayangkan saja kalau kecepatan tinggi apakah bisa dikendalikan dengan kondisi kabut asap yang sangat tebal, bisa-bisa kapal tabrakan,” kata Yovan.

Menurutnya tadi sekitar pukul 09.00 WIB sempat ada cekcok mulut dirinya dengan nahkoda kapal Rahmat Jaya tujuan Tembilahan ngotot minta tetap berlayar. Saat itu syahbandar melakukan penundaan keberangkatan karena jarak pandang sangat terbatas.

“Kita tetap tunda keberangkatan, saya biarkan makoda mengeluhkan jadwal keberangkatan. Apabila kita tetap izinkan berlayar nanti kalau terjadi hal yang tidak diinginkan pastinya syahbandar yang disalahakan. Kita lihat kondisi cuaca, kalau penumpang sudah naik, kondisi cuaca sudah memungkinkan kita suruh kapal cepat berangkat,” kata Yovan./Editor: Dodo

[FHI-Batamtoday]
follow us :forumhijau_ID