Kenapa Sadar Lingkungan Hanya Saat Ada Peringatan Saja?

Forumhijau.com – Di Indonesia ini seseorang atau sebuah komunitas cenderung akan insyaf dan sadar akan lingkungan hidup hanya pada saat ada hari-hari peringatan tertentu.

Sebagai contoh, saat ada peringatan hari bumi atau hari lingkungan hidup banyak yang berbondong-bondong membuat seminar, melakukan penanaman ribuan pohon ataupun melakukan Long march. Kemana loe setiap harinya?

Itulah sebuah mindstream, tapi sejatinya peringatan hari yang berhubungan dengan lingkungan hidup bukan semata-mata untuk diperingati dalam satu hari saja, akan tetapi menjadi refleksi sekaligus pengingat bagi kita semua untuk terus berkontribusi dalam menjaga, melindungi, dan menyelamatkan lingkungan kita.

Seperti halnya hari ini, kami Forum Hijau di daerah tidak banyak bahkan tidak ada yang membuat event peringatan hari lingkungan hidup 2013, hal ini untuk memutus mindstrean tersebut.

Meskipun dalam skala kecil dan tingkat lokal, kami selalu bergerilya setiap saat untuk menyebarkan virus-virus hijau kepada masyarakat.

Sebagai contoh seperti yang di lakukan Forum Hijau Ponorogo, yang kemarin baru saja mengadakan sosialisasi penggunaan pupuk organik kepada para petani lokal setempat, dan tidak harus menunggu peringatan hari tani atau hari lingkungan hidup.

Mulai dari diri kita, mulai dari hal yang kecil dalam kehidupan sehari-hari akan tetapi berdampak besar bagi lingkungan, dan ingatlah bahwa usia bumi kita ini sudah semakin renta.

Jangan biarkan bumi pertiwi ini rusak gara-gara ulah serakah kita yang berlebihan. Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi kita untuk Selamatkan Lingkungan menuju Green Revolution.

Salam Hijau Lestari….!!! Salam Konservasi….!!! Salam Rimba…!!

©[FHI]

Follow us: @ForumHijau_ID