Mencerdaskan dengan Cerdas

Sob tanya dong, gimana rasanya jika pacar/pasangan kalian tiba-tiba digandeng orang lain tanpa sepengetahuanmu? yang pasti sakit, cemburu dan marah kan?

Nah, hal yang sama berlaku dengan sebuah karya tulis. Pasti rasanya seperti diatas jika tiba-tiba tulisan kita di pakai pihak lain tanpa seizin kita atau tanpa menyebutkan sumber tulisan tersebut.

Kami sering sekali menemui tulisan dari FHI yang di posting ulang oleh FP atau blog lain dengan Tanpa mencantumkan Kredit Sumber tulisan tersebut.

Kalau yang Tidak disebutkan sumbernya tersebut kebetulan tulisan FHI sendiri sih tak masalah, yang jadi masalah gimana kalau tulisan yang kalian Copas dari postingan FHI itu dari sumber/penulis lain, terus kalian repost tidak kalian cantumkan sumbernya. Kalau ketahuan sumber utamanya kalian bisa dimarahi atau bahkan dituntut atas pembajakan tulisan. Bahkan sekarang ada UU ITE.

Tidak masalah sih memposting ulang sebuah informasi demi mencerdaskan orang lain, tapi tentu cara mencerdaskannya juga harus cerdas.

Apa sulitnya menuliskan sumber dari sebuah tulisan, nggak usah malu kalau itu memang bukan tulisan kalian.

Seperti yang FHI lakukan, kalau memang bukan tulisan internal kami sendiri pasti kami sebutkan kredit sumbernya, baik nama penulisnya atau media sumbernya (meski kami edit lagi).

Kami (Admin’s) wajib menghargai hasil kreasi seseorang, jadi seluruh posting apapun yang berkaitan dengan berita dan artikel yang bukan buatan internal FH, Kami wajib mencantumkan kredit media asal, termasuk yang ditulis oleh teman & mitra kami.

Ex: ©[nama mitra/teman-FHI], ©[FHI/media asal]

Termasuk Photo/gambar, kami meminimalisir penggunaan Photo dari sumber lain (yang tidak jelas karya siapa) seperti dari Google. Kami hanya akan memposting Photo internal atau dari Mitra.

Presentase isi postingan:

– Kampanye: 100% internal+mitra
– Artikel: 80% internal+mitra & 20% dari media lain
– Berita: 30% internal+mitra & 70% dari media lain

Postingan FHI dalam bentuk artikel (mayoritas tips) pasti diposting pada Prime Time (jam 6 malam keatas).

Demi kenyamanan, kalaupun postingan FHI berasal dari media lain, tidak akan kami cantumkan Link/tautannya. Cukup kami tulis di bagian akhir tulisan.

Plagiat adalah hal wajar asalkan untuk kemajuan bersama namun mencantumkan kredit adalah etika wajib dalam sharing informasi.

Bisa? bisa dong!