Besok Gerhana Matahari, Kerjakan Sunnah

Forumhijau.com – Menurut perhitungan kalender dari Lajnah Falakiyah Pondok Pesantren Alfalah Ploso Mojo Kediri, menjelaskan bahwa : Besok Hari Jum’at 10 Mei 2013 M/ 29 Jumadil Akhir 1434 akan terjadi gerhana matahari. Di daerah Sidoarjo Surabaya dan sekitarnya, gerhana akan terjadi kira-kira 4 jam lamanya.

Awal gerhana terjadi sekitar pukul 06.32, pertengahan gerhana pukul 08:24, dan berakhir pada sekitar pukul 10.16.

Berdasarkan situs resmi BMKG, Jumat (3/5), gerhana matahari cincin tersebut dapat diamati dari Samudra Pasifik, Australia, Singapura, Indonesia–kecuali Sumatera bagian Utara–dan Filipina bagian Selatan.

Di Australia dan Pasifik akan mengalami gerhana matahari cincin. Sementara di Indonesia kecuali Sumatera bagian Utara, akan berupa gerhana matahari sebagian (GMS) pada 10 Mei 2013 yang dapat disaksikan pada pagi hari.

Fase GMC, di mana gerhana mulai pada 21 25.1 UT, gerhana cincin mulai di 23 32.6 UT, dan puncaknya pada 00 19.6 UT, gerhana cincin berakhir 02 17.8 UT serta gerhana berakhir pada 03 25.3 UT.

Namun, waktu untuk setiap fase di setiap lokasi bisa berbeda dengan waktu-waktu tersebut, tergantung pada posisi lokasi pengamat di permukaan bumi dan posisi bulan dan matahari nisbi terhadap posisi pengamat.

Maka sebagai muslim, sudah selayaknya bila kita melaksanakan sholat gerhana. Semoga dalam rangka Ihyaus Sunnah, kita senantiasa digolongkan sebagai ummat Baginda Nabi Muhammad SAW.

©[FHI/BMKG/Ponpes Alfalah]

Follow us: @forum_hijau