JADIKANLAH SETIAP HARI SEBAGAI HARI BUMI

Forumhijau.com – Tanggal 22 April setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Bumi atau Earth Day. Namun sayangnya perusakan bumi, air, udara dan hutan, terus berlanjut secara sistematis, masif, dan cepat. Menurut Arctic Climate Impact Assessment/ACIA (2004), konsentrasi CO2 meningkat tajam selama 250 tahun terakhir ini dan meningkatkan suhu rata-rata bumi. Sumber utama peningkatan emisi CO2 di atmosfer berasal dari pembakaran bahan bakar fosil dan konversi hutan. Sebanyak 80% sumber energy untuk aktifitas manusia berasal dari bahan bakar fosil.

Pemanasan Global berlanjut berdampak pada perubahan iklim. Di beberapa negara hujan meningkat intensitasnya namun menyempit waktunya. Selain itu, banyak negara mengalami musim kering yang lebih panjang dari biasanya.

Angin dan badai juga bertiup semakin besar skalanya. Akibatnya, banjir, longsor, kekeringan, kebakaran lahan, angin kencang, badai, gagal panen dan merebaknya penyakit menyebabkan musibah yang merenggut harta dan jiwa.

Kemudian muncul ledakan hama dan penyakit akibat perubahan iklim yang menyebabkan kerugian besar pada petani dan mengancam kerawanan pangan. Belum lagi bagi pulau-pulau kecil di berbagai belahan dunia yang terancam tenggelam akibat peningkatan permukaan air laut. Dampak buruk yang manusia rasakan saat ini berasal dari aktifitas kita sendiri sebagai manusia yang disebut mahluk paling sempurna sekaligus paling serakah dimuka bumi ini yang telah mengganggu keseimbangan alam.

Hari Bumi atau Earth Day dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia yaitu bumi. Kini Hari Bumi telah diperingati oleh lebih dari 175 negara dan dikoordinasikan secara global oleh Jaringan Hari Bumi atau Earth Day Network.

Apakah kita hanya akan diam, berpangku tangan atau hanya mengucapkan umpatan tanpa berbuat sesuatu..?

Ini saatnya kita sadar dan bergerak. Bergerak untuk menyelamatkan bumi yang sudah terabaikan oleh ambisi, ego dan kerakusan manusia yang tak memiliki empati dan tak pernah berpikir akan kehidupan generasi masa depan. Ini saatnya kita sadar untuk menyentuh kesadaran diri sendiri, keluarga dan lingkungan terdekat kita untuk tidak lagi mengabaikan bumi.

Saatnya kita bergerak melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi kelangsungan kehidupan dimuka bumi. Bila kita sendiri yang menunggu-nunggu waktu, maka bumi takkan lagi memberikan tempat yang nyaman buat penghuninya. Maka jadikanlah setiap hari adalah Hari Bumi.

©[FHI/EDU]

Follow us: @forum_hijau