Langkah Hijau di Kantor

Forumhijau.com – Kantor bagi sebagian besar orang kota adalah rumah kedua, karena mulai pagi hingga petang mereka menghabiskan waktunya di kantor.

Menjadi sangat penting bagi sobat greener FHI untuk bersikap ramah lingkungan selama di kantor, karena kalau banyak orang yang bersikap ramah lingkungan di kantor maka dampaknya akan luas bagi pelestarian alam kita.

Berikut di bawah ini adalah contoh langkah hijau yang dilakukan di kantor yang bisa sobat greener FHI terapkan

1. Jika sobat greener tidak memakai komputer lebih dari 2 jam, matikanlah computer sobat greener (dalam posisi shut down). Jika posisi komputer masih “standby” ini masih akan menyerap energi listrik.
@[204876742936764:]

2. Mendengarkan musik di computer dengan earphone akan lebih hemat dibanding memakai speaker yang mengeluarkan suara. Jika sobat greener meninggalkan meja kerja, pastikan musik di computer sobat greener telah mati. Jangan biarkan komputer “bernyanyi” tanpa fungsi atau tanpa ada yang mendengarkannya.

3. Matikan listrik pada ruangan yang tidak memerlukan terus menerus, misalnya di gudang atau kamar mandi. Lampu dinyalakan hanya ketika kita memerlukannya.
@[204876742936764:]

4. Gunakan bohlam lampu yang hemat energi. Lebih baik menggunakan merk terkemuka yang sudah teruji seperti Phillip atau Oshram. Gunakan juga baterai yang bisa diisi ulang (charge).

5. Jika jam kerja sudah selesai dan sobat greener akan pulang, pastikan computer dan alat yang menggunakan listrik (seperti radio, tape, TV, telepon sentral) sudah mati. Kemudian pastikan sumber listrik telah dicabut maka ini akan tetap mengkonsumsi listrik hingga 40%.

Penghematan kertas:

6. Untuk laporan bulanan, tidak perlu dicetak, cukup kirim dalam bentuk digital. Menyimpan laporan dalam bentuk digital akan menghemat banyak kertas. Laporan diprint jika dianggap diperlukan saja.

– Untuk mencetak (print) dokumen yang tidak resmi atau draft, cetak di cetak secara bolak-balik.

-Gunakan amplop bekas untuk menyimpan dokumen atau bungkus atau berkirim surat secara internal yang tidak bersifat formal.
@[204876742936764:]

-Gunakan kertas yang tidak berlapis plastik.

-Print email yang penting bisa di print dikertas bekas ( yang sudah terpakai, tapi sisi lainnya masih kosong)

-Untuk kliping berita koran gunakan kertas bekas yang masih layak.

7. Untuk menyimpan CD, gunakan bungkus kertas yang dibuat dari kertas bekas. Box plastik CD hanya digunakan ketika untuk dikirim via pos.

8. Jika memungkinkan, gunakan alat tulis (pen) yang bisa diisi ulang. Gunakan juga tinta printer yang bisa diisi ulang.

9. Lebih baik gunakan kipas angin daripada AC. Jika ruangan ditinggalkan, pastikan kipas angin dalam posisi off/mati.

10. Gunakan perkakas kantor (furniture) yang ramah lingkungan, seperti kayu daur ulang

11. Nasi bungkus (bungkus dari plastik) tidak boleh ada di kantor. Lebih baik menggunakan kotak makanan yang bisa dipakai berulang kali, bukan sekali pakai. Jangan membeli minuman yang memakai kemasan plastik yang sekali pakai. Jika misalnya sobat greener FHI beli minuman es/jus untuk diminum di kantor, bawalah gelas sendiri.
www.forumhijau.com

12. Tidak boleh merokok di dalam ruangan kantor. Diperbolehkan merokok di teras atau di luar kantor.

13. Tanamlah pohon atau bunga di kantor. Pastikan tanaman tersebut disiram dan dirawat secara rutin sehingga bisa tumbuh dan menyumbangkan oksigen bagi kita.

14. Jika berbelanja bawalah tas/ kantong belanja sendiri. Katakan tidak terhadap plastik/tas kresek yang diberikan oleh toko atau mall.
www.forumhijau.com

15. Jika jarak kantor dan rumah sobat greener relatif dekat, berjalan kaki lah atau naik sepeda pancal. Jika harus naik kendaraan motor pribadi, pastikan kendaraan sobat greener FHI adalah kendaraan yang hemat BBM dan minim polusi. Kendaraan yang dirawat dengan rutin akan menghemat BBM.

16. Tampil menarik atau cantik di kantor akan membuat suasana kantor ceria, tapi pastikan kosmetik sobat greener adalah produk yang ramah lingkungan dan non animal testing.

Yuk dimulai sekarang, dan dari diri sendiri!

©[FHI]

Follow us: @forum_hijau