Daur Ulang Kertas Menjadi Block Note oleh Forum Hijau Ponorogo

Forumhijau.com – Penggunaan kertas di bumi dari tahun ketahun semakin meningkat. Menurut data tahun 2009, hutan didunia hilang 1.732,5 Hektar untuk ditebang sebagai bahan baku kertas. Seperti kita ketahui bersama pohon merupakan penghasil oksigen (O2) dan penyaring karbon dioksida (CO2) di alam.

Penggunaan kertas secara berlebihan akan menyebabkan semakin banyak penebangan hutan di dunia.Industri kertas membutuhkan 670 juta ton kayu untuk menghasilkan 278 juta ton kertas, selain itu dalam pengolahan kertas juga menghasilkan gas karbon dioksida (CO2). karbon dioksida (CO2) merupakan salah satu penyebab pemanasan global. Semakin banyak penggunaan kertas, maka secara tidak langsung akan merpercepat terjadinya pemanasan global.

Selain menghasilkan karbon, setiap tiga lembar kertas membutuhkan satu liter air. Bisa kita bayangkan berapa banyak air yang akan kita butuhkan untuk menghasilkan kertas dan berapa luas lahan serapan air yang akan hilang akibat penebangan. Begitu banyak dampak yang akan terjadi dibumi apabila kita tidak menggunakan kertas secara bijaksana.

Dalam rangka hari bumi, kami Forum Hijau Ponorogo akan melakukan kegiatan aksi nyata. Bentuk Aksi nyata yang akan dilakukan oleh Forum Hijau Ponorogo adalah dengan mengumpulkan kertas bekas, setelah kertas bekas terkumpul, kertas akan di olah kembali menjadi blok note.

Penggunaan kembali kertas atau recyle merupakan salah satu bentuk aksi nyata untuk mengurangi penebangan pohon untuk membuatan kertas. Blok note hasil recyle ini akan dibagikan kepada siswa-siswi di beberapa TK dan sekolah khususnya didaerah kota Ponorogo.

Nantinya di lembar halaman blok note akan di jelaskan mengenai fakta-fakta tentang kertas, hal ini bertujuan agar masyarakat umum mengetahui tentang fakta-fakta kertas dan dampak yang akan terjadi apabila kita tidak menggunakan kertas secara bijaksana.

Kegiatan aksi nyata ini akan dilakukan pada tanggal 22 April 2013 (Hari Bumi) mulai pukul 09.00-13.00 WIB. pembagian blok note akan dilakukan di beberapa sekolah sebagai bentuk Edukasi lingkungan hidup khususnya pentingnya menggunakan kertas secara bijaksana dan tentang pencegahan
pemanasan global.

Salam Hijau Lestari!

©[Forum Hijau Ponorogo]