Membuat Kamar Tidur Ramah Lingkungan

Green living adalah gaya hidup hijau yang dapat diterapkan di manapun. Sobat greener bisa menerapkan gaya hidup ramah lingkungan di seluruh bagian rumah Kamu.
Misalnya menerapkan di kamar tidur Sobat greener. Berikut caranya:

• Tempat tidur Sobat greener terbuat dari kayu? Saat membelinya, pastikan kayu itu bersumber dari hutan yang dikelola dengan baik. Jangan sampai membeli tempat tidur yang kayunya berasal dari hasil pembalakan liar, atau proses finishingnya menggunakan bahan kimia yang merusak lingkungan.

• Kasur adalah bagian paling nyaman dari sebuah kamar tidur. Gunakanlah kasur organik, yakni kasur yang kapuknya diambil dari serat alam. Kasur kapuk alami lebih aman dari serangan kuman penyebab alergi, atau tungau dan debu, sehingga juga akan menjamin kesehatan Sobat greener.

• Selimut. Bahan tekstil yang ramah lingkungan adalah tekstil yang aman dan nyaman bagi kulit, serta tidak menimbulkan alergi. Gunakanlah serat kapas alami dan pastikan proses produksi tekstilnya juga tidak menghasilkan limbah perusak alam.

• Sistem pencahayaan kamar tidur berhubungan dengan masalah efisiensi energi listrik. Lampu kamar tidur sebaiknya menggunakan lampu LED dan tidak perlu yang ber-watt besar. Untuk pencahayaan alami dapat diakali dengan pemasangan cermin besar yang akan memantulkan sinar lampu.

• Supaya kamar tidur tetap terang di siang hari, Sobat greener dapat memasang atap transparan di beberapa sudut atap, dan sinar matahari dapat masuk. Cara ini dapat mengurangi tagihan listrik Kamu.

• Gunakan cat dinding yang ramah lingkungan. Ciri-ciri cat yang mengandung racun dapat Sobat greener ketahui dari baunya. Cat berbahan dasar minyak biasanya mengandung VOC dan baunya menyengat. Sedangkan cat berbahan dasar air memiliki bau yang tidak terlalu menyengat. Cat seperti ini pastilah rendah kadar VOC-nya. Cermatlah dalam memilih produk cat.

• Sejuk dan Sehatnya Kamar Tidur Tanpa AC
Kamar tidur sejuk dan nyaman adalah idaman setiap orang. tapi, suhu tropis yang kebanyakan menyajikan suasana panas di dalam rumah membuat sebagian orang berpikir untuk memasang AC untuk menyejukkan kamar tidur.
Sebenarnya langkah itu tidak perlu dilakukan jika Sobat greener tahu triknya, selain hemat dan ramah lingkungan kesehatan Sobat greener dan keluarga lebih terjaga.

• Bahaya AC bagi Kesehatan
Memasang AC untuk menyejukkan kamar tidur atau ruangan lain banyak dilakukan sebagai jalan pintas untuk mendapatkan kesejukan. Padahal hal ini kurang baik untuk kesehatan. @ [204876742936764:] Selain boros dan tidak ramah lingkungan AC juga memiliki efek yang kurang baik bagi kesehatan. Beberapa keluhan yang muncul setelah penggunaan AC adalah masuk angin, sakit kepala, dan migrain. Disamping itu AC juga dapat menyebarkan kuman lebih cepat karena mengalirkan udara yang sama dan itu-itu saja di sebuah ruangan.

Apalagi jika ada salah satu anggota keluarga yang sakit atau bersin, maka
kuman pun menyebar di sekitar ruangan.

• Kamar Tidur Tanpa AC
Bagian rumah yang paling sering dipasang AC adalah kamar tidur, maklum sebagai tempat istirahat tentu saja penghuni rumah ingin agar saat istirahat menjadi maksimal tanpa ada gangguan kegerahan ataupun kepanasan. AC sering menjadi solusi cepat. Namun, tunggu dulu.

Setelah Sobat greener tahu bahwa ada beberapa bahaya AC untuk kesehatan, tentu Kamu ingin agar dapat memiliki ruangan yang sejuk tanpa AC bukan? Kurangnya bukaan dan ventilasi ruang dapat menyebabkan ruangan menjadi panas, dan tidak terjadi pertukaran udara dari dalam ruangan menuju luar ruangan secara maksimal. Inilah sebab utama mengapa sebuah ruangan menjadi sangat panas dan sirkulasi udara tidak dapat berlangsung dengan baik.

• Bukaan berupa jendela besar, setidaknya 20% dari luas dinding dapat membuat sirkulasi udara lebih lancar dan efisien. Tapi tidak cukup itu saja, namun ventilasi juga sangat diperlukan untuk mendukung perputaran udara dari dalam dan luar rumah secara lancar dan bergantian. Selain itu adanya bukaan yang lebar dan saling berhadapan di sebuah ruangan dapat membuat cahaya matahari masuk dan ruangan menjadi terang tanpa perlu menghidupkan lampu di siang hari.

Yuks selamatkan alam bumi, mulai dari yang sederhana, mulai dari diri sendiri dan mulai dari sekarang juga!

©[FHI]

Follow us: @forum_hijau