JABAR MILIKI TITIK RAWAN LONGSOR TERBANYAK DI DUNIA

Forumhijau.com – Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan sejak Januari hingga Maret 2013 telah terjadi 18 kasus tanah longsor di Provinsi Jawa Barat. “Catatan kami sejak awal tahun sampai sekarang sudah ada 18 kejadian longsor di Jabar. Di daerah lain di Indonesia masih di bawah 10 kejadian,” jelas Kepala PVMBG Surono.

Menurut Surono, ada ahli tanah longsor yang menyebutkan bahwa wilayah Jawa Barat (Jabar) memiliki titik rawan longsor terbanyak di dunia. Jabar sebenarnya banyak memiliki zona merah rawan longsor karena kondisi geografis yang hampir setengahnya berbukit dan lembah dan zona inilah yang disebut zona kerentanan tanah tinggi alias rawan longsor. “Sehingga Jabar ini selalu nomor satu di Indonesia dan dunia. Dan korbannya pun selalu nomor satu dalam hal longsor,” ungkapnya.

Selain itu, dikatakan pula oleh Surono kejadian longsor yang belum pernah terjadi di dunia justru terjadi di Jabar yakni longsor yang terjadi di TPA Leuwigajah Kota Cimahi, Jawa Barat pada 2005. “Selama ini baru di Jabar, di Indonesia ada orang ketimbun sampah,” kata dia, FHI kutip dari Antara.

Ia menuturkan pula, tentang daerah rawan longsor ini juga sudah dipetakan sejak 2004, lewat kerja sama PVMBG dengan Dinas Enegri Sumber Daya Mineral (ESDM). Di dalam peta ini, seluruh derah rawan longsor sudah ada dan pada tahun 2010 peta tersebut sudah dilengkapi dengan data potensi longsor di pedesaan. Peta ini untuk pegangan BPBD dalam melakukan sosialisasi dan pencegahan bencana.

Seluruhnya sudah ada. “Akan tetapi, walaupun ada peta potensi longsor, ternyata kurang begitu diperhatikan khususnya oleh pemerintah,” jelasnya.

©[FHI/Antara]

Follow us: @forum_hijau