Manfaat Kesehatan Buah Rambutan

Forumhijau.com – Banyak yang bilang, buah rambutan tak baik dikonsumsi karena tidak memiliki manfaat kesehatan. Namun sebuah penelitian mengungkap bahwa buah yang umumnya memiliki kulit berambut merah dan memiliki daging buah berwarna putih ini kaya vitamin dan cocok dikonsumsi untuk para penganut program diet penurunan berat badan.

Seperti diberitakan Times of India, buah yang memiliki nama lain Nephelium lappaceum adalah buah yang berasal dari jenis pohon tropis. Rasanya ada yang manis, adapula asam manis. Dan, tak banyak yang tahu, rambutan memiliki beberapa manfaat kesehatan.

Meski mengandung kaya fruktosa dan sukrosa, tetapi buah ini memiliki kalori lebih sedikit. Buah ini, bisa menjadi pilihan yang pas bagi mereka yang tengah berdiet. Rambutan juga dikemas dengan vitamin C, termasuk potasium, zat besi, beta karoten atau vitamin A, kalsium, magnesium, seng, sodium, niasin, serat dan protein.

Buah ini biasanya banyak ditemukan di beberapa negara di Asia Tenggara. Dan banyak dari mereka warga negara di Asia Tenggara memanfaatkan rambutan dalam pengobatan diabetes, hipertensi dan penyakit lainnya. Studi juga telah menemukan bahwa daging buah rambutan, biji dan kulitnya mengandung antioksidan kuat yang disebut flavonoid, yang dikenal mampu mengurangi kadar kolesterol. Tak hanya itu, kandungan flavonoid pada rambutan juga bisa memiliki atribut anti-kanker serta anti-inflamasi .

Kulit rambutan juga memiliki beberapa senyawa organik, asam galat. Dan menurut penelitian, senyawa organik itu berperilaku seperti penangkal radikal bebas karena membantu melindungi terhadap kerusakan oksidatif dalam tubuh manusia. Manfaat lain yang kuat adalah penggunaannya dalam memerangi kanker. Dan karena aktivitas antioksidan kuat, ekstrak kulit dan buah juga sering digunakan sebagai obat atau produk suplemen kesehatan.

Kandungan vitamin C dari film ini juga mencegah sel-sel tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas. Hal ini juga membantu dalam penyerapan zat besi dalam tubuh. Buahnya mengandung tembaga yang penting untuk pembentukan sel-sel darah putih dan merah juga mangan, yang diperlukan untuk memproduksi dan mengaktifkan enzim.

Karena buah rambutan merupakan sumber zat besi yang baik, sehingga buah ini juga sangat dianjurkan dikonsumsi para wanita. Zat besi yang ada di dalamnya, mampu meningkatkan jumlah oksigen dalam tubuh. Hal ini pada gilirannya membantu meringankan gejala pusing dan kelesuan yang disebabkan oleh kekurangan zat besi atau anemia.

Juga mengandung fosfor, makan rambutan akan membantu menghilangkan limbah yang tidak diinginkan dari ginjal. Ini juga memainkan peran penting dalam perbaikan, peremajaan, pengembangan, dan pemeliharaan jaringan dan sel-sel tubuh. Bahan lain dalam buah yakni kalsium, juga membantu meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

Jika Anda ingin menyingkirkan parasit usus dan diarrohea, buah ini juga tepat untuk dikonsumsi.

Tidak hanya membantu menurunkan berat badan, rambutan juga dikenal untuk mengurangi tekanan darah dan memperbaiki tekstur kulit Anda.

©[FHI/Vivalife]

Follow us: @forum_hijau