HASIL PEMBAKARAN SAMPAH PLASTIK PICU PENYAKIT KANKER

¦–>> Yuk mulai gaya hidup tanpa kantong plastik, saat belanja bawa tas kamu sendiri dari rumah! <<--¦ Forumhijau.com - Pengamat lingkungan dari Tehnik Lingkungan Universitas Indonesia, Gabriel Andari Kristanto, mengatakan pembakaran sampah plastik maupun organik bisa menyebabkan pencemaran udara yang bersifat karsinogenik. Karsinogenik adalah salah satu zat yang dikenal memiliki sifat pemicu penyakit kanker. "Ini tentu berbahaya, karena tidak hanya sekadar mencemari tanah dan air. Namun juga mencemari udara," jelasnya.
Plastik merupakan salah satu jenis limbah yang non-biodegradable sehingga sifat ini menjadikan sampah plastik sangat sulit untuk terurai di lingkungan. Menurut hasil survey, Indonesia menghasilkan 2.052.000.000 kantong plastik dalam sehari. Dari sebagian besar produksi limbah plastik ini, banyak diantaranya yang masih belum dimanfaatkan dan diolah sebagaimana mestinya.

Pembakaran limbah jenis plastik akan menghasilkan gas buang dan residu yang justru menambah jenis pencemaran yang terjadi di lingkungan. Bahaya tersebut biasanya diitimbulkan oleh adanya emisi gas dan partikel debu. Gas-gas berbahaya yang ditimbulkan oleh pembakaran sampahantara lain adalah gas karbon monoksida (CO), nitrogen oksida (NOx), sulfur dioksida (SO2), Dioxin dan Furan.

Seperti dilansir Antara, Andari mengatakan, salah satu jenis zat yang sangat berbahaya dalam kandungan gas sisa pembakaran plastik adalah dioksin yang bersifat karsinogen atau menimbulkan kanker. Efek samping dioksin terhadap binatang adalah perubahan sistim hormon, perubahan pertumbuhan janin, menurunkan kapasitas reproduksi, dan penekanan terhadap sistim kekebalan tubuh. Efek samping dioksin terhadap manusia adalah perubahan kode keturunan (marker) dari tingkat pertumbuhan awal dari hormon.

Pada dosis yang lebih besar bisa mengakibatkan sakit kulit yang serius yang disebut ‘chloracne.’

Menurutnya, cara mudah dan tercepat untuk mengatasi masalah sampah plastik adalah dengan memilah sampah plastik untuk kembali di daur ulang. Selain itu memilah sampah adalah bentuk tanggung jawab atas sampah yang telah dihasilkan oleh kita. “Intinya, tindakan pertama untuk kelola sampah adalah dengan tidak membuat sampah. Cobalah untuk hidup hemat dan menjadi konsumen yang bijak,” imbuhnya.

©[FHI/Antara]

Follow us: @forum_hijau