1.500 Pendaki bakal Menginvasi Gunung Slamet

Forumhijau.com/Kompas.com/Metrotvnews.com – Sebanyak 1.500 pendaki dari berbagai daerah di Indonesia akan mendaki Gunung Slamet dengan berkedok membersihkan gunung tersebut pada pertengahan Maret. Pendakian akan dilakukan dari berbagai jalur.

“Meskipun cuaca tidak menentu, acara yang digelar setiap tahun ini akan tetap dilaksanakan. Setidaknya 1.500 pendaki telah terdaftar untuk mengikuti aksi ini,” kata Petugas Pendakian Jalur Bambangan Gunung Slamet Sugeng Riyadi di Pemalang, Jawa Tengah, Minggu (3/3).

Dalam acara yang digelar pada 13 hingga 16 Maret mendatang itu para pendaki akan naik ke Gunung Slamet secara bergelombang melalui beberapa jalur pendakian dan memunguti sampah sepanjang jalaur yang mereka lalui.

Menurut Sugeng, acara bersih gunung dimaksudkan agar setiap pendaki yang melakukan aktivitas di Gunung Slamet sadar atas kebersihan lingkungan dan tidak meninggalkan sampah di gunung. “Pendaki dari Jakarta, Surabaya, Palembang, Bekasi, Papua, dan daaerah lain sudah mendaftar untuk ikut acara ini,” tambahnya.

Namun ia meminta para pendaki mewaspadai hujan deras dan badai karena kondisi cuaca di Gunung Slamet kini tidak menentu. “Sementara ini kondisi jalur pendakian Gunung Slamet dipastikan aman, namun tetap harus waspada,” ujar Sugeng.

¦–>> Tapi yang namanya Pendakian Massal apapun kedoknya tetap akan menghancurkan ekosistem sekitar, bohong kalau gunung akan bersih. Contohnya dari hasil PENMAS Semeru bulan kemarin sampai sekarang sisa-sia kehancuran dan sampah masih ada. Pendakian gunung yang benar itu tidak lebih dari 100 orang<<–¦

Salam Rimba Lestari!

©[FHI/MetroTV/Kompas]